Apa Itu Tsunami?

Mei 10, 2017 Syarifah Aqila An-Najah 0 Comments

Tsunami diartikan sebagai gelombang atau ombak besar. Tsunami juga difahami sebagai perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertical dengan tiba-tiba. 
Tsunami. (foto: emaze.com)
Penyebabnya bisa oleh gempa bumi tektonik (berpusat di bawah laut), letusan gunung berapi bawah laut, atau pergerakan lempeng bumi. Tenaga yang dibawa gelombang tsunami bersifat tetap dengan ketinggian dan laju yang beragam ukurannya. Di Laut Dalam, kecepatannya mencapai 500-1000 km/jam setara dengan kecepatan pesawat terbang. Mendekati pantai, kecepatannya menurun hingga 30 km/jam namun ketinggiannya meningkat hingga puluhan meter. 

Tsunami berdampak pada kerusakan dan korban jiwa akibat hantaman air atau material yang terbawa oleh gelombangnya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan dan menyebabkan genangan serta pencemaran air asin terhadap lahan pertanian. 

Dampak yang terjadi akibat tsunami tidak main-main, pada tanggal 26 Desember 2004 terjadi tsunami di Asia Selatan, Asia Tenggara (Aceh dan sekitarnya) serta Afrika yang menelan korban jiwa hingga lebih dari 250.000 orang dengan ketinggian gelombangnya mencapai 35 m. Semoga Bermanfaat.

0 komentar: