Mengenali Jenis Cat dan Teknik dalam Pembuatan T-Shirt Printing

Juli 11, 2017 Syarifah Aqila An-Najah 0 Comments

T-Shirt Printing yang bermacam – macam rupa dan bentuknya tentu tak pernah lepas dari kreatifitas para pengrajin sablon yang memiliki jiwa seni yang cukup tinggi. Selain itu bentuk dan rupa dari sablonan juga dipengaruhi oleh bahan cat yang digunakan dan juga teknik dalam pembuatannya.
Mengenali Jenis Cat dan Teknik dalam Pembuatan T-Shirt Printing
Proses Pembuatan T-Shirt Printing
Terdapat banyak jenis cat dan juga teknik yang digunakan dalam pembuatan T-Shirt Printing. Diantaranya sebagai berikut:

1) Yellow Sparkle yaitu bubuk yang diformulasikan untuk menciptakan kesan berkelip-kelip dan memiliki tampilan yang glosy. Sebelum mencetak bubuk ini, tentu harus mencetakkan terlebih dahulu tinta plastisol sebagai dasar dan sebagai perekat bubuk ini.

2) Foil Transfer yaitu aluminium foil dalam bentuk lembaran. Untuk media tempelnya foil ini memerlukan lem khusus. Warna dan motifnya juga bermacam-macam seperti silver, gold, dll.

3) Flock yaitu teknik sablon yang hasil cetakannya seperti beludru. Ada dua jenis flock, yaitu bubuk dan lembaran. Untuk yang jenis lembaran, penempelannya harus menggunakan lem khusus.

4) Sugar Printing yaitu aplikasi sablon yang bentuknya bubuk transparan seperti gula pasir.

5) Glow In The Dark yaitu bentunya serbuk yang dapat menyerap dan memantulkan sinar ketika berada didalam ruangan gelap.

6) Reflectiv Powder yaitu serbuk yang mampu memantulkan sinar ketika terkena cahaya lampu atau sinar matahari.

7) Distressed atau Vintage yaitu teknik inovasi grafik dengan cara membuat tekstur sehingga gambar akan terlihat pecah-pecah dan terlihat using atau kuno.

Bagaimana sobat? sekarang sudah tau kan tentang jenis cat dan teknik pembuatan T-Shirt Printing ? semoga bermanfaat.

0 komentar: