Ajukan 10 Pertanyaan Ini Sebelum Menyewa Jasa Pindahan Rumah

November 24, 2017 Syarifah Aqila An-Najah 0 Comments

Ketika perusahaan penyedia jasa pindahan menghubungi kita, janganlah langsung menerima tawarannya. Kita harus mempersiapkan beberapa hal. Pengiriman barang-barang pindahan bukanlah hal yang sederhana. Sebagai konsumen, bersikaplah selektif ketika memilih penyedia jasa pindahan rumah. Kita dapat mengajukan 10 pertanyaan berikut sebagai bahan pertimbangan kita.

1. Apa mana perusahaan penyedia jasa? Apakah mereka memiliki alamat, nomor telepon, serta website? Lisensi apa yang miliki?
Perusahaan penyedia jasa yang berkualitas haruslah memiliki data yang jelas. Mulai dari nama, alamat, nomor telepon, hingga website. Apabila menemukan informasi perusahaan, lakukanlah penyecekan ulang untuk memastikan kebenarannya. Cari tahu juga review dari pengguna jasa sebelumnya.

2. Apakah perusahaan menggunakan penyedia jasa tambahan diluar pekerjanya?
Sangatlah penting untuk mengetahui siapa orang yang membawa barang-barang kita. Terdapat beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan kecil untuk membantu proses pengiriman barang. Bila perusahaan yang kita gunakan menggunakan penyedia jasa tambahkan, pastikan penyedia jasa tersebut juga terpercaya.

3. Seperti apa proses pindahan yang penyedia jasa rencanakan?
Setiap penyedia jasa pindahan memiliki prosedur kerja yang berbeda-beda. Beberapa penyedia jasa mungkin akan mengecek langsung barang-barang kita sebelum memberikan penawaran.
Apabila hendak berpindah ke tempat yang jauh, cobalah untuk menggunakan estimasi biaya berdasarkan survey barang-barang di rumah. Estimasi jenis ini cenderung lebih akurat. Jangan lupa untuk menginformasikan barang yang tidak perlu dibawa serta barang yang sangat berat.

4. Bagaimana penyedia jasa menghitung biaya yang dikenakan?
Tanyakanlah cara penyedia jasa mengenakan biaya ke konsumennya. Umumnya, apabila berpindah ke tempat yang dekat, kita akan dikenakan biaya per jam. Namun, apabila jarak perpindahan cukup jauh, biaya akan dihitung berdasarka berat barang dan jarak perjalanan. Selain cara penghitungan biaya, tanyakan juga biaya tambahan yang dikenakan. Biaya tambahan dapat muncul ketika pekerja harus turun naik tangga, mengemas barang-barang, serta membawa barang yang sangat besar.

5. Jenis layanan pengemasan apa yang ditawarkan? Tempat apa yang digunakan untuk membungkus barang dan menjamin keamanannya?
Penyedia jasa pindahan cenderung menawarkan pengemasan barang secara keseluruhan maupun parsial. Untuk melakukannya, dibutuhkan bahan material seperti kardus, plastik gulungan, maupun kain untuk melindungi barang agar tidak rusak.

6. Jenis asuransi apa yang ditawarkan?
Tanyakanlah jenis-jenis asuransi yang disediakan penyedia jasa. Biasanya, terdapat dua jenis asuransi yang ditawarkan. Asuransi jenis pertama menawarkan biaya penggantian yang dihitung berdasarkan berat barang. Sementara itu, terdapat juga asuransi yang melindungi penuh barang-barang kita. Penggantian barang pada asuransi ini dilihat berdasarkan nilai barang yang rusak.

7. Apakah perusahaan dapat menjelaskan prosedur apabila konsumen memiliki masalah?
Setiap penyedia jasa pindahan umumnya memilik prosedur penanganan masalah yang berbeda. Sebelum menggunakan jasa mereka, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu prosedurnya. Pastikan kita dapat memaami prosedur tersebut untuk mengantisipasi ketika muncul masalah.

8. Berapa lama waktu yang diestimasikan untuk mengirim barang?
Cari tahulah estimasi waktu yang diperlukan penyedia jasa untuk mengirim barang. Pastikan juga mereka dapat mengirim barang sesuai waktu yang telah kita tentukan.

9. Bagaimana cara kita menghubungi penyedia jasa ketika proses pengiriman berlangsung?
Penyedia jasa harus mudah dihubungi. Mulai dari proses persiapan pengiriman hingga setelah pengiriman dilakukan. Mintalah alamat email serta nomor telepon penyedia jasa yang bisa kita hubungi. Sehari sebelum pengiriman, hubungi mereka untuk memastikan semua hal sudah dipahami dan sesuai perjanjian.

10. Apakah penyedia jasa bisa memberikan kontak konsumen sebelumnya?
Ulasan konsumen merupakan salah satu hal yang menentukan kualitas penyedia jasa pindahan. Tanyakanlah minimal tiga kontak konsumen dari sang penyedia jasa. Setelah itu, kita dapat menghubungi mereka dan menanyakan tingkat kepuasan mereka.

Sumber: https://www.moving.com/tips/10-questions-movers/

0 komentar: